Bulan April


Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sudah cukup lama juga tidak menulis di blog. Mudah-mudahan mulai sekarang bisa lebih pintar membagi waktu, termasuk juga menyediakan waktu untuk menulis di blog ini. Sesuai judul bulan April, menjadi salah satu bulan istimewa, karena beberapa alasan.

Yang pertama adalah, saya untuk pertama kalinya naik pesawat pada tanggal 1 April 2007, lalu untuk pertama kalinya ke luar negeri, dan menginjakkan kaki saya di Jepang pada tanggal 2 April 2007. Setiap bulan April datang, menjadi momen tersendiri untuk meningatkan kedatangan saya ke Jepang. Khususnya tahun ini, karena mirip sekali dengan saat saya datang ke Jepang, hujan turun seharian, suhu udara yang agak dingin, mengingatkan saya dengan keadaan 6 tahun yang lalu.

Momen ini selalu saya jadikan kesempatan untuk mengingat kembali, semangat, dan motivasi saya ketika saya datang ke Jepang 6 tahun yang lalu. Karena sangatlah tidak gampang memutuskan untuk memilih melanjutkan sekolah di Jepang, meninggalkan keluarga, meninggalkan bangku kuliah di Indonesia yang telah saya tempuh untuk 1,5 tahun, melepas dua beasiswa yang telah saya peroleh, melepas berbagai kondisi nyaman yang ada. Apalagi saya ke Jepang, tanpa bisa sedikitpun bahasa Jepang, dan hanya mendapatkan jaminan beasiswa selama menempuh setahun kelas bahasa Jepang, dan dua tahun program diploma.

Dengan berbagai rutinitas dan aktivitas, serta lika liku kehidupan di Jepang, terkadang membawa saya untuk melupakan semangat-semangat dan motivasi itu. Oleh karenanya momen ini, selalu saya jadikan sebagai proses untuk mengembalikan lagi gerbong kereta yang sedang saya kendarai kepada rel dimana dia seharusnya berjalan.

Selain itu, bulan April adalah bulan dimana saya dilahirkan, setiap bulan April datang bertambahlah usia saya, dan berkuranglah jatah umur saya di bumi ini. Bulan April, menjadi bulan checkpoint bagi saya, untuk me-muhasabah diri, tahun ini saya, genap 26 tahun berlalu setelah saya dilahirkan. Apa yang telah saya lewati selama 26 tahun ini, tak bisa kembali, dan tak bisa diubah. Saya hanya bisa belajar, dan memperbaiki apa-apa yang kurang, serta mempertahankan apa-apa yang telah baik, serta memikirkan kembali tentang impian saya.

Yang terakhir, bulan April merupakan bulan dari awal tahun ajaran di Jepang, akan banyak teman-teman baru, dan akan banyak juga petualangan, dan tantangan-tantangan baru yang akan menunggu. Teman-teman yang lulus bulan Maret lalu, ada yang pulang ke Indonesia, ada juga yang memilih bekerja di Jepang. Setiap orang bertemu dengan lingkungan barunya.

Semoga kita semua bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru kita, dan semoga bisa menjadi insan yang lebih baik, dan lebih bermanfaat buat sekitarnya.

Wassalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

6 responses to “Bulan April

  1. Berkah usianya Syaf… semoga tahun ini semakin baik, dan bisa dapat keturunan yang baik, lupa-lupa inget sama miladmu, udah jarang buka facebook juga soalnya. Kapan balik Indonesia? aku awal bulan kelar tugas di Lombok. 🙂

  2. Betewe, link blogku bisa diganti gak? Multiply udah gak bisa dibuka. makasiih.. 🙂

  3. april ya
    banyak yang sama kita fril, heheh

Leave a Reply

