Freescale Cup Japan 2012


Assalammu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

 

Pada semester pertama lalu, aku bersama dua orang teman labku  memutuskan untuk membentuk satu tim yang akan berpartisipasi ke lomba freescale cup japan. Lomba freescale cup sendiri sudah dilaksanakan di kurang lebih 21 negara di dunia, seperti USA, China, India, Malaysia, Brazil, Meksiko, Korea, dll. Untuk pelaksanakaan di Jepang sendiri, tahun ini adalah untuk pertama kalinya.

Setelah mendaftarkan diri ke freescale, kami dikirimkan satu kit mini car yang nantinya akan digunakan untuk lomba. Persiapan sendiri baru benar-benar dimulai sekitar bulan Juli, dimana semester pertama akan segera berakhir. 

Setelah merakit mini car, kemudian memeriksanya lewat sample code yang diberikan, mulailah kami merancang strategi untuk bisa membuat mini car ini bergerak cepat mengikuti line track. Tugas kami adalah menulis program untuk membuat camera yang ditempelkan di mini car ini bisa membaca line track, dan membuat mini car ini bergerak sesuai dengan arah line track yang dibaca. Sedangkan track perlombaan sendiri dirahasiakan sampai dengan hari-H perlombaan.

Kami bertiga membagi tugas, dan saya sendiri mendapatkan tugas untuk membuat program kontrol untuk servo. Kemampuan membaca kamera yang lebih cepat daripada gerak servo menjadi tantangan tersendiri dalam perlombaan ini.

Tak terasa bulan Agustus selesai, dan kami mulai untuk membuat mini car ini bergerak dengan kecepatan yang lebih cepat lagi. Semakin cepat mini car ini bergerak, maka peluang untuk keluar track semakin besar, terutama di tikungan tajam setelah track lurus.

Pada tanggal 18 September dilaksanakan ujicoba oleh pihak penyelenggara, dari 5 tim yang ikut ujicoba saat itu, tim kami mencatat waktu paling cepat. Namun kami masih punya satu PR yaitu untuk membuat mini car ini berhenti sendiri ketika melihat garis gol.

Tak terasa, hari-H perlombaan sudah datang, penyisihan sendiri dilaksanakan pada tanggal 29 September lalu di Tokyo, yang diikuti oleh 15 tim dari berbagai universitas dan college di Jepang. Untuk babak penyisihan, dilakukan dalam dua putaran, dan akan diambil waktu terbaik. Alhamdulillah, walau sampai pada babak penyisihan kami tidak berhasil membuat mini car berhenti ketika melihat garis gol, tim kami tetap menduduki catatan tercepat yaitu 17.59 detik (waktu aslinya 15.59 detik karena tidak berhenti sendiri kena penalti 2 detik)

7 tim yang berhasil menyelesaikan 1 lap, akan maju ke babak final yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober mendatang. Mohon doa dari rekan-rekan semua, insyaallah kalau bisa juara pertama di final nanti, akan mewakili Jepang untuk maju di perlombaan freescale cup tingkat dunia di Amerika tahun depan.

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s