Pisang Molen “Kiryu”


Assalammu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, tahun ini mendapatkan kesempatan lagi untuk membuka stan di acara festival tahunan Fakultas Teknik Universitas Gunma. Setelah tahun lalu berjualan pisang molen dan martabak telor, tahun ini kami memutuskan untuk membuat pisang molen dan cendol.  Tahun lalu, saya sendiri bertanggung jawab atas pembuatan martabak telor. Sedangkan seorang teman saya bertanggung jawab atas pembuatan pisang molen, dan dari beliaulah saya juga belajar cara membuat pisang molen.

Dari pengalaman tahun lalu, ternyata pembuatan martabak membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan dengan membuat pisang molen, tapi kami berpikir untuk menambahkan sesuatu pada pisang molen, supaya ada sesuatu yang lebih dibanding tahun lalu. Maka kami mencoba melakukan percobaan, kira-kira bahan apa saja yang bisa ditambahkan kepada pisang molen supaya bisa lebih enak, dan menarik di lidah para pembelinya. Setelah mencoba-coba, akhirnya kami mengambil keputusan untuk memasukkan coklat ceres ke dalam pisang, dan menaburi pisang dengan keju, baru membungkusnya dengan adonan roti yang sudah ditipiskan, baru kemudian digoreng. Pada bagian atasnya kami taburi bubuk kayu manis dan gula, atau diberi coklat cair, atau susu cair.

Tentu saja, dari pengalaman tahun lalu juga kami mencoba untuk mempersiapkan dan mengorganisasikan festival tahun ini supaya bisa lebih baik lagi. Walaupun capek, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil, minimal jadi bisa membuat pisang molen..he..he..

Berikut keadaan para koki molen yang sedang melakukan percobaan,

Dan berikut adalah hasil percobaan kami,

Yang paling kiri diberi susu kental, yang tengah ditaburi bubuk kayu manis &serbuk gula, dan yang paling kanan diberi coklat kental.

Alhamdulillah, walaupun pada hari pertama cuaca mendung dan gerimis, kami berhasil menghabiskan satu kotak pisang untuk jualan hari tersebut, dan ternyata pada hari kedua cuaca sangat mendukung, pengunjung yang hadir pun tercatat kurang lebih 5000 orang. Untuk ukuran festival di desa sangat banyak sekali pengunjungnya.  Dan, teman-teman Indonesia yang bekerja dari kota sebelah pun hadir dan membantu proses pembuatan pisang molen. Masih sekitar jam satu siang, tapi pisang sudah mau habis, maka kami membeli pisang tambahan. Senang sekali banyak orang Jepang yang tertarik dengan pisang molen ini, bahkan ada yang sampai melihat proses pembuatannya dan minta diajari.

Berikut keadaan warung kami,

 

Alhamdulillah dalam kesempatan ini kami bisa memperkenalkan Indonesia melalui pisang molen, dan tentu kamipun membuat tulisan-tulisan lain untuk memperkenalkan Indonesia, supaya siapapun yang berkunjung ke warung kami bisa tahu tentang Indonesia,

Kami juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan mereka yang hadir ke warung kami,

Terima kasih teman-teman atas kerjasamanya untuk menyukseskan warung Indoensia di festival tahun ini.
Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat kita semua.

Advertisements

6 responses to “Pisang Molen “Kiryu”

  1. Wah, kelihatannya menarik sekali keadaan di sana. Sukses terus, kawan.

  2. bagi resepnya dong.. 😀

  3. Deni Lukmanul Hakim

    Assalamualaikum, Syafril.

    Nanti kalau pulang ke Indo lagi mau dong diajarkan buat pisang molen 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s