Hari Itu


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari sudah malam dan semakin larut, tapi tak ada tanda-tanda bahwa air yang turun dari langit itu akan berhenti. Hari itu Depok diguyur hujan seharian, aku masih berada di jalan, mengendarai motor tua yang dibelikan oleh (alm) abangku, supaya aku bisa lebih mudah bergerak untuk mengajar privat di kawasan depok dan sekitarnya. Alhamdulillah aku bersyukur kepada Allah, yang memberiku jalan untuk belajar mandiri, minimal aku bisa membiayai kehidupan sehari-hari melalui pekerjaan kecil-kecilan yang kulakukan.

Bersama motor tuaku, aku bergerak terus membelah hujan, sesekali perutku bernyanyi, alhamdulillah, akhirnya Allah memberikan aku pengalaman bagaimana rasanya berjuang dalam hidup, walaupun aku yakin, bahwa yang aku lakukan ini masih belum seberapa. Masih banyak orang yang lebih pedih lagi, yang lebih keras lagi berjuang dalam kehidupan ini.

Ketika badan ini mulai terasa sedikit kelelahan, aku selalu bilang, ayo kamu pasti bisa, ini bagian dari dari proses mengejar mimpi-mimpi kita. Ayo kamu pasti bisa, ini bagian dari perjuangan. Ayo kamu pasti bisa, karena jalan perjuangan memang penuh kerikil, onak, dan duri. Ayo kamu pasti bisa, capek, sakit , lelah itu semua bagian dari kehidupan.

Saatnya mengingat kembali hari-hari itu, karena perjuangan tak pernah berakhir. Bahkan setiap hari, perjuangan baru pasti dimulai, diriku yang sekarang tak boleh kalah dengan diriku yang dulu. Semester baru, perjuangan baru, perjuangan menyelesaikan skripsi, perjuangan mencari beasiswa, perjuangan untuk menjadi lebih baik, perjuangan untuk melangkah ke depan, perjuangan untuk meraih mimpi dan cita-cita.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s