5年目か。。。


assalammualaikum wr wb

Tepat pada tanggal 2 April 2011 yang lalu, genap 4 tahun sudah keberadaanku di negeri Matahari Terbit ini. Insyaallah tahun ajaran kali ini adalah tahun terakhir untuk menyelesaikan program Bachelor ku di Gunma University ini. Semua berjalan begitu cepat, setahun ini kembali menjadi tahun yang menjadi percabangan dalam kehidupan ke depan. Saat untuk berpikir kembali atas apa yang telah dilakukan selama ini dan apa yang mau aku lakukan ke depannya.
Setelah menyelesaikan ujian akhir semeseter yang cukup berat pada bulan Februari lalu, alhamdulillah Allah memberikanku kemudahan untuk menemukan tempat yang cocok untuk melakukan penelitian selama setahun ini, setelah sempat bingung-bingun akhirnya kuputuskan untuk masuk ke lab yang membahas tentang Algorithm, dan Graph Theory ini.
Hari itu tanggal 11 Maret 2011, setelah 2 hari sebelumnya aku berdiskusi dengan sensei ku yang sekarang tentang keadaan-keadaan ku dan meminta sarannya bagaimana menentukan pilihan lab, setelah shalat jumat, dengan membaca bismillah kutentukan urutan pilihan lab ku, dan kukumpulkan di box yang tersedia di depan kantor jurusanku.
Kemudian aku pergi mengambil foto yang rencananya akan aku gunakan untuk ujian TOEIC pada tanggal 13 Maret nya. Setelah itu aku kembali ke rumah, dan mulai memberes-bereskan rumah sambil menonton TV. Tepat pukul 2.46, sebuah goyangan terasa, awalnya aku agak cuek, karena memang biasanya suka ada gempa-gempa kecil, namun kali ini berbeda, makin lama goyangan semakin besar, buku-buku di kamar yang aku tumpuk mulai berserakan, barang -barang dan kardus yang kutumpuk di atas lemari juga mulai berjatuhan. Sambil menyelamatkan beberapa barang penting akhirnya aku membungkuk di bawah meja, berlindung sambil menunggu gempa reda. Jujur, saat itu kakiku lemas, semua sudah kupasrahkan kepada yang kuasa.
Hari itu ternyata menjadi hari yang bersejarah bagi Jepang, gempa dan tsunami terbesar dalam sejarah Jepang. Allah memberikan sebuah pelajaran kembali di genap 4 tahun keberadaanku di Jepang ini. Suatu pelajaran dan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan.
Kemaring tanggal 11 Mei 2011, tepat 2 bulan sudah sejak hari bersejarah itu. Momen bencana, dengan berbagai pelajaran yang kudapat, lalu momen 4 tahun keberadaanku di Jepang, yang membuatku untuk mengevaluasi tentang semua rencana-rencana hidupku. Ya Allah berikanlah hamba-Mu ini petunjuk untuk bisa mengarungi kehidupan di dunia ini.
wassalammualaikum wr wb
Advertisements

2 responses to “5年目か。。。

  1. Apa kabar Gunma sekarang? Mudah-mudahan banyak hal sudah kembali normal, dan studi kembali bisa dijalani dengan lancar hingga kelulusan kelak. Simpati saya untuk seluruh warga Jepang, terutama teman-teman ketika di Jepang beberapa tahun yang lalu.

  2. alhamdulillah semua sudah baik2 dan normal kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s