情報と職業



assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

情報と職業adalah salah satu nama mata kuliah yang aku ambil di semester ini, jadwalnya setiap hari Kamis dari jam 16.00 hingga jam 17.30. 情報と職業(jyouhou to shokugyou), dalam bahasa Indonesia berarti, Informasi dan Lapangan Pekerjaan. Pada mata kuliah ini, kami semua dibuka wawasannya tentang cara mencari kerja di Jepang, dan tentang berbagai lapangan kerja yang ada, serta kaitannya dengan bidang yang sedang kami pelajari.

Mata kuliah ini, adalah salah satu mata kuliah yang sangat saya sukai, kenapa, karena tak ada ujian dalam mata kuliah ini, sebagai gantinya harus membuat 感想文 (pendapat tentang isi mata kuliah hari itu) pada setiap pertemuannya. Selain tak ada ujian, yang membuat saya suka mata kuliah ini adalah, dalam setiap pertemuannya kita bisa menimba ilmu dari berbagai orang. Setiap minggu, pemberi materinya berganti-ganti, semua dari usia dan latar belakang yang sangat bervariasi.

Hari ini sudah memasuki minggu ke-3, pada pertemuan pertama yang memberikan materi adalah pekerja dari perusahaan yang melakukan support dan memberikan informasi untuk mencari pekerjaan. Pada pertemuan itu, beliau menyampaikan tentang data-data terbaru dari pencarian kerja di Jepang yang semakin sulit, oleh karenanya beliau menyarankan kepada kami semua, bagi yang ingin mencari pekerjaan sesudah lulus dari Universitas, sebaiknya mulai saat ini sudah bergerak untuk mancari-cari perusahaan yang ingin diincarnya, kemudian memberikan lamarannya.Beliau menyarankan, supaya bisa memberikan lamaran ke banyak perusahaan, seandainya gagal di satu tempat bisa mencoba tempat yang lain.

Pada pertemuan kedua, yang menjadi pembicaranya adalah seorang pendiri perusahaan software, beliau dulu adalah seorang programmer, yang kemudian bersama teman-temannya mendirikan perusahaan software sendiri. Dan sekarang perusahaan tersebut sudah cukup berkembang dan menjadi besar. Beliau lebih banyak bercerita tentang ilmu computer saat ini sangat dibutuhkan diberbagai bidang, jadi kita semua harus belajar dengan benar, dan tak hanya belajar tapi juga harus terus menajamkan kemampuan lewat pengalaman-pengalaman. Beliau juga memberikan beberapa saran untuk mencari pekerjaan, berbeda dengan saran pada pertemuan pertama, beliau menitikberatkan pada proses pencarian perusahaan yang ingin dimasuki, lebih dulu melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut, tidak asal memilih. Cukup melamar ke 3-5 perusahaan saja, tapi harus benar-benar melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut.

Dan pada pertemuan hari ini, menghadirkan orang dari 電力中央研究所(Central Research Institute of Electric Power). Sebelum masuk ke perusahaan ini, beliau sempat bekerja di perusahaan saham, dan melakukan jual beli saham. Pada kesempatan kali ini beliau menjelaskan juga bagaimana bidang informasi teknologi juga dimanfaatkan dalam melakukan jual beli saham. Beliau juga menjelaskan tentang bagaimana kuliah di program Master dan program Doctoral. Beliau menyampaikan bahwasanya Master itu lebih mirip dibilang dari kelanjutan program Bachelor. Sedangkan program Doctoral sangatlah berbeda, semua mahasiswa di program doctoral dibiarkan mandiri oleh dosen pembimbingnya. Oleh karena itu, kalau tidak benar-benar bergerak dari diri sendiri, tak sedikit dari teman-temannya yang DO, kata beliau. Yang menarik dari pembicaraan beliau adalah bahwasanya beliau kurang setuju dengan berbagai sistem di Jepang, salah satunya adalah sistem mencari pekerjaan di satu waktu, sehingga kalau tidak diterima, semua orang menganggap bahwa hidupnya berakhir, dan putus asa.

Saya selalu menikmati setiap mata kuliah ini, karena benar-benar memberikan begitu banyak keadaan tentang dunia kerja di Jepang.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarkatuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s