相撲の生中継が中止


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumo adalah satu olahraga tradisional Jepang yang sudah dilaksanakan sejak zaman kuno, tetapi baru dijadikan tontonan pada zaman Edo. Mulai saat itu juga sumo menjadi salah satu pekerjaan. Pertandingan dilaksanakan setiap bulan ganjil, yaitu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November, yang biasanya dilaksanakan mulai pada minggu ke-2 sampai minggu ke-3 bulan tersebut, selama 15 hari. Dan sejak tahun 1928, pertandingan sumo ini disiarkan melalui radio NHK pada tahun 1928. Dan para tahun 1953 , siaran langsung disiarkan melalui televisi NHK.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, di dunia sumo banyak sekali terjadi kasus. Diantaranya, adalah kasus penggunaan obat-obatan terlarang, atau kasus hubungan antara sumo dan yakuza, atau kasus pertaruhan antara para pesumo dan para pelatihnya.

Hal ini melibatkan cukup banyak pesumo yang sudah berada di divisi tertinggi,sehingga hal ini menyebabkan banyak pihak yang memandang perlunya pembaharuan dalam dunia sumo. Salah satu hasil terparah, karena banyaknya suara yang menghujat dunia sumo, televisi NHK menyatakan memberhentikan siaran langsung pertandingan sumo pada bulan ini.

Pada awalnya saya juga tak begitu tertarik dengan sumo. Salah satu penyebabnya adalah saya juga gak tahu peraturannya. Namun sejak setahun lalu saya mulai menemukan sesuatu yang menarik di pertandingan sumo, dan mulailah saya menonton dan menikmati pertandingan sumo. Tanpa disadari menghafal nama-nama para pesumo. Cukup kecewa juga dengan diberhentikannya siaran langsung sumo pada pertandingan kali ini.

Mudah2an saja akan ada perbaikan pada lembaga sumo jepang, sehingga siaran lansung pertandingan sumo bisa kembali disiarkan di televisi.

wassalammualaikum wr wb

Advertisements

2 responses to “相撲の生中継が中止

  1. apa kak 'sesuatu yg menarik dr ptandingan sumo'? hehe,,

  2. jadi sumo itu tak cuma sekedar olahraga, tapi seorang pesumo itu harus punya jiwa seorang samurai, jadi tingkah lakunya pun harus dijaga, makanya kalau sedikit aja melakukan pelanggaran adab, biasanya akan diberi hukuman yang cukup berat.

    selain itu dari pertandingan sumo sendiri, tak hanya menekankan kekuatan, tapi juga mental dan ketajaman pemikiran.

    dan masih banyak lagi hal2 lain, cuma agak susah dijelasin pake bahasa Indonesia. cuma kalau gak begitu ngerti ngeliat sumo cuma seperti ngeliat orang dorong2an aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s