外国人を採用する日本企業増加


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Di salah satu berita di yahoo jepang,menunjukkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, perusahaan jepang lebih banyak menerima pelajar asing lulusan jepang daripada orang jepang sendiri. DI antara perusahaan tersebut antara lain Panasonic, Uniqlo, Rakuten, Lawson,dll.

Cukup banyak alasan perusahaan-perusahaan tersebut lebih senang mempekerjakan pelajar asing lulusan Jepang ketimbang orang jepang itu sendiri, diantaranya adalah karena saat ini keadaan ekonomi jepang di dalam negeri memang kurang baik, banyak di antara perusahaan2 jepang tersebut yang akan lebih mengincara pasar luar negeri khusunya di kalangan asia, ada juga yang beralasan dengan mempekerjakan orang asing bisa membuat suasana menjadi lebih aktif dan lebih hidup dengan variasi budaya, dll.

Tahun lalu, angka perbandingan lowongan kerja dan pencari kerja masih di atas 1, artinya satu orang masih ada satu lowongan, namun kenyataannya tingkat lulusan baru yang diterima di perusahaan hanya 80 %, artinya dari 5 orang lulusan universitas ada 1 orang yang tidak mendapat pekerjaan.

Dengan adanya fakta bahwa semakin banyak perusahaan jepang yang mempekerjakan orang asing,sepertinya akan membuat pelajar jepang yang mencari kerja harus lebih serius lagi dengan keadaan ini. Terlebih lagi pelajar asing punya kelebihan dari segi bahasa, paling tidak seorang pelajar asing di jepang menguasai bahasa jepang, bahasa inggris, dan bahasa ibu(negara) sendiri.

Dan buat rekan-rekan pelajar asing yang ada di Jepang, jangan takut, dan jangan juga menganggap remeh keadaan, tetap semangat, jangan mau kalah dengan pelajar orang Jepang.

Apakah hal ini juga berhubungan dengan masalah pendidikan di jepang yang saya tuliskan di tulisan sebelumnya?

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

2 responses to “外国人を採用する日本企業増加

  1. ijin komen 🙂
    pemerintah singapura memberlakukan aturan yang membatasi jumlah orang asing yang bisa dipekerjakan oleh sebuah perusahaan. hal ini sepertinya diterapkan untuk menjaga kedamaian antara imigran dan penduduk singapura (sepertinya sudah disinyalir muncul persaingan tidak sehat antara imigran dan penduduk lokal). agak tertarik tentang dua hal:
    apa pembatasan yang sama juga diberlakukan di jepang dan apakah sudah ada tanda-tanda persaingan tidak sehat antara imigran dan penduduk jepang di jepang? (e.g: munculnya stereotype negatif tentang gaijin)

  2. saya jawab di tulisan saya selanjutnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s