新生活


assalmmualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tak terasa sebentar lagi bulan Mei akan meninggalkan kita. Cuaca di Jepang pun mulai menunjukkan tanda-tanda akan datangnya musim panas. Waktu siang yang semakin panjang, suhu udara yang mulai tinggi, serta suara serangga yang menyambut pagi. Kalau suasana sekolah sendiri,2 minggu lagi di kampus akan diadakan chuukan test,atau ujian tengah semester. Walaupun tidak semua mata pelajaran,tapi karena merupakan ujian pertama di kampus agak sedikit doki doki siteimasu.

Pertengahan bulan Juni nanti kita akan memasuki bulan Rajab,kalau ingat sudah sampai bulan Rajab,maka saya entah mengapa langsung terasa makin tidak sabar menunngu kedatangan bulan Ramadhan. Pada tahun ini,bulan Ramadhan di Jepang akan berada pada musim panas, bagi muslim yang berada di Jepang selama ramadhan nanti mungkin akan ada tantangan sendiri,mulai dari panjangnya waktu berpuasa,suhu yang cukup tinggi,dll. Tapi untuk beberapa pelajar,hal ini bisa menjadi waktu yang patut disyukuri,karena ada kesempatan untuk menghabiskan ramadhan atau bahkan idul fitri di tanah air selama liburan musim panas.

Tapi sebelum itu,mari sama-sama kita persiapkan diri kita baik dari segi jasmani maupun ruhani,untuk menghadapi bulan Ramadhan. Tak hanya itu,mari kita berdoa juga kepada Allah agar bisa dipertemukan dengan ramadhan.

Mau bercerita sedikit dengan keadaan Muslim di Gunma University,sebagian besar berasal dari Malaysia,kemudian Indonesia,Mesir,juga Bangladesh. Di dekat kampus ada sebuah apartemen yang disewa dan dijadikan mushala tempat shalat 5 waktu berjamaah,kemudian setiap hari Jumat,kami mengadakan shalat Jumat di ruangan hall asrama, jadwal khatibnya bergantian di antara kami,cuma orang2 yang baru datan masih belum dapat jadwal. Salah satu khatib favorit saya adalah seorang Brother dari Mesir, temanya yang selalu dekat dengan keseharian kita. Akhir-akhir ini beliau menyampikan ttg rezeki. Bagaimana kalau kita harus meyakini bahwa rezeki itu berasal dari Allah,dan seorang hamba tak akan meninggal dunia sebelum rezeki yang ditetapkan Allah telah diterima semua oleh hamba tersebut. Kemudian beliau juga menyampaikan hal-hal yang bisa melancarkan rezeki kita,diantaranya bersyukur atas nikmat yang diterima, banyak beristighfar,bertakwa,menghubungkan tali silaturahmi. Saya juga senang dengan gaya bicara beliau yang bgt persuasif dan meyampaikan khutbah dengan sangat mudah dimengerti.

Kembali lagi kegiatan belajar di kampus,akhir2 ini cukup banyak PR,dan tugas. Pelan-pelan mulai membiasakan dengan tempo kegiatan belajar di kampus. Mudah2an makin bisa pandai mengatur waktu, antara belajar dan juga pengembangan diri di kegiatan2 lain.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

10 responses to “新生活

  1. kapan pulang ke indonesia fril??

  2. Berarti ngga dateng nikahan iko tgl 5 ini ya? 🙂

  3. iya nih…gak bisa..
    kalau datang kirim salam ya…

  4. semangat terus ya! 🙂

  5. insyaallah kalau jadwal cocok dan ada rezekinya lebaran pulang fit..

  6. Insya allah disampaikan. Habis ini bisa ketemu iko sampai bosan di jepang juga kan? Haha

  7. makasih ya…
    cuma di jepang bakal di kota yang berbeda,jadi tetap aja jarang ketemu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s