卒業しました。。。


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

alhamdulillah, tanggal 18 Maret lalu, secara resmi saya sudah lulus dari program Diploma. Selama 2 tahun saya belajar di sebuah college yang punya sejarah cukup panjang jika dibandingkan dengan college lainnya. Sekolah saya bernama Japan Electronics College, yang berdiri pada tahun 1951, yang pada awalnya merupakan college tempat belajar ilmu teknologi radio, yang kemudian seiring perkembangan zaman membuka jurusan-jurusan lain, dan kini mempunyai sekitar 20-an jurusan, mulai dari design, informatika, elektro, musik, bahkan games.
Pelajar yang lulus dari sekolah tahun ini ada sekitar 1100 orang.

Saya sendiri selama 2 tahun ini belajar di  情報処理科, yang bisa diartikan jurusan Information Processing. Yang menjadi pusat pembelajarannya adalah kemampuan programing, ada 3 bahasa pemrograman yang dipelajari di sekolah, yaitu C, Java, dan C#. Lalu kemampuan mengolah data base, yang dipelajari di sekolah adalah SQL. Dan kemampuan untuk membuat system computer. Mulai dari perancanaan, pemrogaman, tes, dan pemeliharaan. Dan sebagai tugas akhir, saya dan seorang teman Jepang, membuat sistem operasi untuk perpustakaan sekolah, mulai dari sistem pengelolaan pemakai, buku-buku, pemesanan, dan lain-lain.

Setelah menyelesaikan program diploma, saya akan melanjutkan program Bachelor, alhamdulillah di Jepang saya tidak perlu mengulang dari awal lagi tetapi cukup menambah 2 tahun saja. Insyaallah untuk menyelesaikan program Bachelor saya akan masuk ke Gunma University mulai bulan April nanti. Saya akan masuk ke Fakultas Teknik, jurusan Teknik Informatika, tentu saja ketika masuk saya langsung setara dengan anak-anak tingkat 3, namun ada beberapa mata pelajaran tingkat 1, dan 2 yang mesti saya ambil sebagai syarat kelulusan Bachelor saya.

Saat ini saya sedang tertarik dengan salah satu bidang yang dinamakan Ubiquitous Computing. Saya sendiri belum terlalu mengerti apa itu Ubiquitous Computing, tetapi contoh gampang pemanfaatannya yang akan dicoba di tokyo adalah untuk orang-orang yang tidak bisa melihat, membawa alat yang kemudian menggantikan kemmapuan melihatnya, dan akan mengajarkan bagaimana pergi ke tempat tujuan, atau memberi tahu ketika di depan ada zebra cross, tangga, dan lain-lain. Dan suatu hari nanti ketika pengembangannya semakin luas, kita semua akan memegang alat dan ID masing-masing, sehingga ketika kita ingin membuat janji dengan kawan kita,kita hanya dengan mudah mengecek dimana keberadaannya, dan alat itu akan memberitahu kepada kita dimana tempat yang paling efektif untuk membuat janji sesuai dengan tempat keberadaan masing-masing.

Namun, masih ada sekitar satu tahun lagi, mungkin saja di tengah jalan saya tertarik dengan bidang lain. Tapi ingin sekali suatu hari nanti saya melakukan penelitian yang bisa sangat bermanfaat buat kehidupan manusia.

Mudah2an kelulusan program Diploma ini menjadi start line yang baik untuk memulai dan merancang kembali mimpi-mimpi itu..

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

13 responses to “卒業しました。。。

  1. Barakallah bang,semoga lancar 😀

  2. Barakallah bang,semoga lancar 😀

  3. selamat, semoga kesuksesan senantiasa menaungi….

  4. waah, smoga sukses kak. amin

  5. barakallahu fiik… 🙂
    smg tetap bersinar dan menebar manfaat di gunma, amiin…

  6. amin…
    ありがとうございます。

  7. wah mabruk neh.. sudah diploma.. lanjutkan!! gambatte ne..

  8. alhamdulillah…
    jazakallah kang…

  9. walau terlambat, selamat Yah! Semoga cita-cita untuk memberikan sesuatu yg bermanfaat untuk kehidupan manusian-nya tercapai =)

    Jadi makin semangat nih bacanya! Good luck ^-^

  10. Ossa makasih ya..
    sekarang sm2 jadi daigakusei..he..he..

    ganbarou..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s