久々に友達に会った


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam satu bulan ini saya beberapa kali bertemu dengan kawan-kawan yang sudah lama sekali tidak berjumpa. Awal desember ini, salah seorang teman dekat saya ketika berada di sekolah bahasa Jepang, datang dari Korea. Kami janji bertemu di asrama yang sama-sama kami tinggali saat di sekolah bahasa Jepang dua tahun lalu. Mengundang beberapa teman korea lainnya, yang saya pun hampir tidak pernah bertemu dengan mereka sejak lulus dari sekolah bahasa. Ada banyak sekali cerita. Ada cerita tentang kawan yang masih terus bersemnagta mencari pekerjaan, ada juga cerita tentang kawan yang berhasil lulus ke universitas, tapi tidak bisa melanjutkan beasiswanya, ada juga cerita tentang seorang kawan yang berusaha terus bertahan di Jepang untuk menghindari wajib militer(Korea mempunyai wajib militer buat warga laki-lakinya). Tak hanya membicarakan cerita kami akhir-akhir ini, tapi kami pun saling bertukar rencana-rencana kami ke depannya. Entah kenapa, ada perasaan dan semangat yang masuk ke dalam diri kami, ketika kami saling bertukar mimpi-mimpi, saling bertukar rencana-rencana hidup ke depan. Kawan saya yang dari Korea, baru saja berhenti bekerja November lalu, untuk mempersipakan ujian untuk menjadi Guru Bahasa Jepang disana, mimpinya sejak dulu. Ada lagi kawan lain yang setelah lulus s1 ingin menjadi jurnalis dan berkeliling dunia, atau ada kawan lain yang mau mulai mempelajari bahasa-bahasa lain di dunia ini. Mendengar hal itu, saya pun ikut semangat untuk kembali fokus kepada mimpi-mimpi saya selama ini.

Beberapa hari lalu, saya bertemu dengan seorang kawan Jepang saya, yang sudah hampir satu tahun lebih kami tak saling jumpa, kawan ini sempat belajar bahasa Indonesia di univ saat tahun pertama. Kawan itu senang sekali berkeliling ke luar Jepang. Dia sudah ke Indonesia, Malaysia, Kamboja, Peru, dan beberapa negara lain. dan kalau jadi dia akan kuliah ke Swedia pada tahun depan. Kami makan bersama di restoran Indonesia, kemudian dia kuantarkan belanja di toko barang2 Indonesia, katanya dia mau masak nasi goreng.

Manusia sebagai makhluk sosial memang senantiasa saling membantu, berbagi, menyemangati, tanpa itu mengenal batas-batas negara, perbedaan agama pun sama sekali tak seharusnya menjadi halangan untuk kita semua bisa saling bahu membahu, berteman, bukankah seharusnya sebagai seorang muslim, kita pun bisa memperkenalkan Islam, melalui diri kita sendiri, tak harus dengan kata-kata, tapi juga dengan keberadaan kita, dengan pribadi kita, dengan cara kita menghargai orang lain.

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

4 responses to “久々に友達に会った

  1. insyaallah tetap semangat..
    ganbarimasu..

  2. Perasaan di jepang udah lama ya? Lg kuliah kah?

    Someday i'll be there. Zettai ni!
    :p

  3. datang ke Jepang April 2007,
    jadi belum lama2 banget kok..

    hai, zehi kite kudasai…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s