米軍基地


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sejak kemenangan 民主党atas 自民党, pada pemilu Jepang tanggal 30 Agustus lalu, sekarang pihakl 民主党 sedang berlobi dengan beberapa partai lain untuk membentuk kabinet, dan menentukan kebijakan-kebijakan ke depannya. Yang menjadi salah satu pembicaraan hangatnya adalah tentang pangkalan-pangkalan militer Amerika di Jepang.

Berdasarkan informasi yang saya dengar dari salah satu televisi swasta di Jepang, jumlah seluruh pangkalan militer Amerika yang ada di Jepang adalah 85 tempat, dan 33 tempat diantaranya berada di kawasan okinawa. Salah satu yang terbesarnya berada di sebuah tempat yang berada di Kadena,嘉手納. Luasnya kurang lebih sama dengan Shinagawa-ku, sebuah ward yang berada di Tokyo.

Berbicara tentang hal ini tidak terlepas dari perjanjian Jepang-Amerika pasca PD II, pasca perang dunia ke-2, Jepang telah berikrar bahwa tidak akan mempunya tentara, tapi hanya memiliki 自衛隊 saja. Secara umum,自衛隊 memang mirip dengan tentara tapi jumlahnya sedikit, dan ada beberapa ketentuan sehingga 自衛隊 di dunia ini tidak diakui sebagai tentara, salah satu contohnya, belum lama ini kapal-kapal laut Jepang sering menghadapi ganguan bajak laut di Samudera Hindia. Akhirnya untuk melindungi kapal-kapal laut itu,dikirimlah 自衛隊ini, namun karena 自衛隊hanya punya hak untuk melindungi kapal laut Jepang saja, ketika terjadi perompakan terhadap kapal dari negara lain, 自衛隊tak bisa melakukan apa2.

Oleh karena itu, sebagai gantinya Amerika menempatkan militernya di Jepang ini, untuk melindungi Jepang, seandainya ada gangguan dari pihak luar. Sebagai gantinya, semua ongkos pembiayaan semua pangkalan Militer Amerika di Jepang menjadi tanggungan pemerintah Jepang. Saat ini hal itulah yang menjadi pembicaraan, bukankah ongkos itu terlalu besar, selain itu dengan keberadaan 33 pangkalan militer Amerika di Okinawa juga menimbulkan masalah dengan warga Okinawa sendiri, misalnya masalah keberisikan, dll.

Untuk sekedar informasi, kalau Indonesia membagi wilayah tentaranya, yang saya tahu kalau Angkatan Darat terbagi menjadi 12 Kodam di seluruh Indonesia,dan Angkatan Laut membagi wilayah kerja menjadi 2 bagian. Sedangkan Tentara Amerika, membagi wiliyah kerjanya, dunia menjadi 6 bagian. Dalam hati saya, seorang awam, ada sedikit pertanyaan, apakah orang yang berkoar-koar masalah kedamaian dunia pantas melakukan bisnis militer ?, Sedangkan bisnis militer sendiri akan terus hidup selama “perang” itu ada di atas dunia ini.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s