Tolong menolong dan kemandirian


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

tolong menolong dan kemandirian merupakan dua buah konsep yang harus bisa kita seimbangkan dalam kehidupan kita. Bagi seorang muslim, konsep tolong menolong telah jelas sekali disebutkan baik dalam Al Quran maupun dalam hadits Rasulullah SAW. Dan secara kemanusiaan, kita semua mengakui bahwa sebagai seorang manusia kita tak bisa hidup sendiri, melainkan hidup sosial dan salaing menolong satu sama lain, sebagaimana digambarkan dalam kanji 人, dimana kanji itu terbentuk dari sebuah garis yang ditopang oleh garis yang lain.

Namun kita juga tak boleh kehilangan semangat kemandirian dalam diri kita. Bagaimana kita melihat masyarakat madani bentukan Rasulullah SAW, ketika peristiwa Hijrah. Saat kaum Muhajirin yang meninggalkan semua harta benda bahkan keluarga yang amat dicintai, dan kaum Anshar menyambut mereka dengan tangan terbuka. Mereka memberikan uang mereka, rumah mereka, bahkan bersedia menceraikan istri mereka untuk dinikahi dengan saudara mereka dari kaum Muhajirin, namun apakah kaum Muhajirin menjadi orang-orang yang memanfaatkan semua kebaikan itu. Masih ingatkah bahwa Sa’d bin Ar-Rabi,berkata kepada Abdurahman bin Auf,setelah mereka dipersaudarakan oleh Rasulullah SAW, “Sesungguhnya aku adalah orang yang paling banyak hartanya di kalangan Anshar. Ambillah separuh hartaku itu menjadi dua. aku juga mempunyai dua istri. Maka lihatlah mana yang engkau pilih, agar aku bisa menceraikannya. Jika masa iddahnya telah habis, maka kawinilah Ia”,  namun Abdurahman Auf berkata “Semoga Allah memberkahi bagimu dalam keluarga dan hartamu. Lebih baik tunjukkan saja mana pasar kalian?”.

Belajar dari hal itu, kita harus memahami bahwa ketika memandang keluar, penuhilah pandangan dan perasaan kita untuk menolong banyak orang. Namun, ketika kita memandang diri kita, maka kita harus penuhi hal itu dengan perasaan untuk membangun kemandirian di dalam diri kita sendiri. Jangan sampai kita membalik cara pandang kita, memandang setiap orang yang membutuh bantuan, dengan pandangan mencibir bahwa mereka tidak mandiri, tetapi diri kita sendiri selalu bergantung pada pertolongan orang lain. Kedua konsep itu merupakan keniscayaan dalam kehidupan kita, namun kita harus menjaga keseimbangan dan menempatkan keduanya pada tempatnya.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

One response to “Tolong menolong dan kemandirian

  1. memberi itu emang paling baik ya sesuatu yang amat kita sayangi ya ka,,tfs 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s