Tugas Besar… Sudah Dimulai… Dimulai dari diri sendiri..


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

“Masih kotornya lingkungan di sekitar kita, bisa menjadi tanda kalau masih ada yang kurang bersih di dalam diri kita”
Kurang lebih demikian petikan sms yang saya terima dari salah seorang rekan saya di Fakultas Teknik UI, kurang lebih 3 tahun yang lalu, saat saya masih kuliah disana. Sebuah kata-kata sederhana namun sangat mengena. Mahasiswa, yang tak segan berkoar-kora tentang reformasi, tentang perubahan, tak boleh juga lupa dengan keadaan lingkungan sekitar, bahkan dengan keadaan dirinya. Mungkin itu pesan utama yang ingin disampaikan kawan tersebut.

Saya teringat kembali kata-kata ini sejak saya mulai tinggal di asarma PPSDMS, kemudian tinggal di asrama mahasiswa asing di Jepang ini. Selama ini, ketika tinggal bersama keluarga, lebih sering mengandalkan keluarga dengan alasan kesibukan dan lain-lain. Namun, sejak kita tinggal sendiri, semuanya akan menjadi tanggung jawab kita. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaganya.

Belum lama ini, dalam pelajaran 就職リテラシー, kami diajak menonton video tentang mencari pekerjaan, salah satu yang saya ingat, kalau ingin melihat wajah sebuah perusahaan, dan bagaimana kinerja para pegawainya, lihat saja toiletnya. Saya jadi teringat, pernah dengar, kalau ingin tahu kepribadian orang-orang yang tinggal di suatu rumah, maka lihat saja toiletnya.

Bagi seorang muslim, hal ini mungkin menjadi hal yang harus menjadi perhatian khusus. Bagaimana posisi kebersihan yang begitu penting dalam Islam. Sebagaimana salah satu hadits Rasulullah SAW, ”Sesungguhnya Allah Ta’ala adalah baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kebersihan, mulia dan mencintai kemuliaan, dermawan dan mencintai kedermawanan. Maka bersihkanlah halaman rumahmu dan janganlah kamu menyerupai orang Yahudi.” (HR. Tirmidzi)

Kita tentu punya impian, membuat perubahan, di negara kita, bahkan di dunia. Tetapi kita juga tak boleh lupa, bahwa semua harus dimulai dari diri kita. Karena apakah kita mampu menangani tugas-tugas besar perubahan ketika tugas kecil, menjaga kebersihan pribadi saja kita masih belum mampu. Tidakkah kita malu dengan orang-orang non-muslim yang terkadang mereka lebih menghargai masalah kebersihan dibandingkan kita.

Pesan ini saya sampaikan untuk diri saya pribadi, dan ajakan kepada rekan-rekan semua. karena saya yakin, kita semua cinta akan kebersihan, kita semua suka melihat kebersihan, maka bukankah akan lebih baik kalau kita ciptakan kebersihan itu dengan tangan kita sendiri, dan dari ruang kita sendiri.

Mudah-mudahan bermanfaat.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

One response to “Tugas Besar… Sudah Dimulai… Dimulai dari diri sendiri..

  1. wah terimakasih sekali mas atas postingannya..
    benar-benar menyentuh hati saya… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s