火災


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Musim dingin, winter, atau yang dalam bahasa Jepangnya Fuyu, sesuai dengan namanya pada musim ini suhu udara akan turun, artinya akan dingin sekali. Akhir2 ini suhu udara, di Tokyo berkisar 2-9 derajat. Kalau di Indonesia, dingin akan cukup terasa kalau musim hujan datang. Oleh karenanya sedikit terpatri di kepala saya, kalau dingin-hujan itu ada hubungannya. Tapi sejak datang ke Jepang, ternyata agak sedikit berbeda, musim hujan di Jepang justru adanya pada saat musim panas. Musim panas, dengan suhu udara yang sangat tinggi ditambah kelembaban udara yang sangat tinggi menjadi karakteristik musim panas di Jepang.

Sedangkan musim dingin justru sebaliknya, suhu udara yang semakin rendah, ditambah dengan kelembaban udara yang rendah, mengakibatkan dingin dan kering bercampur. Buat yang lupa pakai pelembab bisa bikin kulit kering, dan gatal, atau bahkan pecah-pecah dan keluar darah. Ya, itulah karakteristik musim dingin di sini.

Tak hanya sampai disitu, ternyata udara yang kering juga membawa bencana, dan menelan korban seperti yang akhir2 ini terjadi di ebberapa kota di Jepang, yaitu bencana kebakaran. Beberapa hari terakhir ini intensitas terjadinya kebakaran di Jepang cukup tinggi, bahkan beberapa hari lalu, terjadi di tempat yang tak jauh dari tempat tinggal saya. Hal yang membuat cukup saya miris adalah kebakaran yang terjadi di Chiba beberapa hari lalu yang menelan korban tiga orang anak2 yang sedang ditinggal ibunya keluar. Di awal wawancara sang ibu bilang kalau dia pergi ke rumah sakit, tapi ternyata bukan ke rumaha sakit malinkan pergi ke Slot Pachinko… Sungguh sangat miris mendengarnya..

Mudah2an kita bisa lebih berhati2.. Mudah2an juga Allah senantiasa melindungi kita semua.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

4 responses to “火災

  1. kangen musim dingin. kangen pake baju berlapis-lapis.. 🙂

  2. Amin..

    Kawaiso da yo ne..

    Sate, nihon de nani o suru?
    Benkyo ka?
    Shigoto ka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s