Bersepeda versi Fuyu


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

alhamdulillah, sejak 23 desember kemarin saya memasuki liburan musim dingin tahun ini. Sekolah akan kembali dimulai pada tanggal 9 Januari mendatang. Tanggal 23 Desember kali ini memang menjadi tanggal merah di Jepang, kenapa, karena kaisar jepang saat ini berulang tahun pada hari tersebut. Tahun ini adalah ulang tahun yang ke-75. Sebenarnya tanggal 23 Desember bukan hanya hari ulang tahun kaisar, tapi juga hari ulang tahun Tokyo Tower, menara yang mempunyai tinggi 333 meter,pernah menjadi menara pemancar siaran TV paling tinggi sedunia. Tahun ini, menara yang menjadi perlambang kota tokyo menyambut HUT-nya yang yang ke-50 tahun.

Di bulan ketiga pembangunan menara ini, sempat terjadi suatu keanehan. Sambungan betonnya tidak sesuai, dan tidak membentuk bentuk yang diinginkan. Akhirnya penyambungan terhenti dan semua pekerja mengukur setiap sambungan, dan akhirnya ditemukan pergeseran sambungan beberapa cm, mereka membenarkan sambungan tersebut baru akhirnya melanjutkan pembangunan. Atau di hari terakhir pemasangan antena, yang punya berat 110 ton itu, ketika antena di tarik ke atas, tiba-tiba angin bertiup begitu kencangnya, maka para pekerja terpaksa menunggu beberapa jam hingga angin melemah.
Namun pembangunannya berhasil sesuai dengan perencanaannya. Dari awal pembukaan, tokyo tower memberikan daya tarik tersendiri sehingga banyak orang yang mengunjunginya.
Namun ternyata pengunjung terus menurun, dan yang berhasil kembali menarik minat pengunjung adalah pemasangan bola lampu di setiap sudut betonnya.

Walaupun kemarin cukup dingin, namun cuaca cukup cerah. Menjelang shalat maghrib, entah kenapa saya terdorong untuk jalan-jalan dengan sepeda. Akhirnya setelah selesai shalat maghrib, sekitar pukul 5, berpakaian anti dingin, saya kayuh sepeda saya ke luar asrama, rute saya malam ini adalah asrama-sangenjaya-shibuya-roppongi-tokyo tower-pulang dengan jalur yang sama. Sebelum berangkat saya coba cek di peta google, jalan mana yang sebaiknya saya tempuh, kemudian saya hapalkan nama-nama jalan dan arahnya. Berbekal sebuah ocha dan dorayaki di dalam tas, saya mengayuh sepeda saya sekuat tenaga, badan saya memang cukup hangat dengan pakaian sweater, dan coat, serta sarung tangan, tapi wajah saya sangat dingin.

Tokyo malam hari, gemerlap cahaya gedung-gedung, menggantikan cahaya bintang-bintang di langit malam. setelah satu jam, akhirnya aku sampai ke shibuya, sesuai dengan namanya 渋谷, shibuya memang merupakan lembah, makanya ketika menuju shibuya saya akan terjun bebas, tapi keluar shibuya saya harus menarik nafas panjang, menarik-narik otot kaki saya untuk mengayuh sepeda menempuh jalan menanjak itu. dari shibuya, yang jadi julukan sebagai kotanya anak muda, saya bergerak ke roppongi,六本木, kalau roppongi ini, memang kawasan yang cukup dikenal sebagai daerah orang asing, tempat belanja, makan, nonton. Kalau musim dingin yang terkenal di roppongi adalah illumination yang gemerlap cahayanya kadang membuat kita merasa hangat di tengah suasana dingin seperti ini.  Dari roppongi saya berbelok ke kanan menuju 赤羽橋, tempat dimana tokyo tower berdiri dengan gagah. Akhirnya setelah 2 jam mengayuh sepeda melewati bukit dan lembah Tokyo, saya tiba di tokyo tower, karena memang perayaan HUT ke-50 tahunnya, malam itu ada beberapa event yang di gelar di luar tokyo tower, dan pengunjung pun membludak, hingga berderet jauh ke luar. Saya duduk di salah satu bench yang ada di sana. Saya menikmati sebuah dorayaki dan ocha, kemudian mengambil beberapa foto, dan bersiap menuju jalan pulang, di tengah jalan ternyata lapar juga, saya sempatkan untuk menikmati semangkuk udon-hangat, dan tempura.

Akhirnya saya tiba di asrama dengan selamat pada pukul 21.33 JST. alhamdulillah…

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

5 responses to “Bersepeda versi Fuyu

  1. sehat terus ya……….

  2. kaya' nya tokyo bagus, ya…

    (nolak-komen-kreatif.com)

  3. dorayaki kayak apem ya? belum pernah makan malah bro…

  4. seru… berbagi kisah yang tak semua dapat merasakannya… hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s