今年は”変”


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari ini, di Kyoto diumumkan kanji yang terpilih menjadi simbol tahun ini, ternyata kanji yang dipilih adalah kanji “変”, yang berarti “perubahan”, ya bagi sebagian besar orang Jepang sepertinya banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupan mereka, baik dari segi politik, dari segi ekonomi dan lain-lain. Di urutan kedua dan ketiga, terpilih kanji “金” yang berarti “uang”, dan kanji “落” yang artinya “jatuh”. kalau melihat ketiga kanji ini, bisa dilihat tahun ini cukup banyak terjadi perubahan khusunya di bidang ekonomi. Sejak beberapa waktu lalu yang terjadi di Amerika dan memberikan efek cukup besar buat dunia. Di Jepang sendiri, yen yang terus menguat terhadap dollar memberikan efek negatif tersendiri buat para pelaku pasar di jepang, ditambah lagi maslaah tentang 派遣労働者 yang akhir2 ini cukup banyak di dengar di berita-berita dalam negeri.

Kembali ke pembicaraan tentang kanji, bagi saya yang baru kenal kanji dalam dua tahun terakhir ini, memang awalnya perlu energi yang cukup besar untuk bisa terbiasa dengan huruf yang digunakan di Cina, Taiwan, Korea dan Jepang ini. apalagi kanji Jepang punya cara baca yang gak sedikit, ada kunyomi dan ada onyomi, belum lagi kalau sudah masuk ke nama orang, ada cara baca lain lagi. Tapi, menjelang dua tahun keberadaan saya disini, saya cukup merasakan perbedaaan cukup besar antara penggunaan kanji dan alphabet, salah satunya adalah dari segi kepraktisannya. Oleh karena itu ingin rasanya menguasai kanji lebih dan lebih.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

謝振留 万陀羅

Advertisements

5 responses to “今年は”変”

  1. Assalamu'alaykum..

    Sugoi ne..
    Demo, kanji ga zenzen dekiru yo..
    Muzukashii ne..

  2. Oh pemilihan kanjinya akhir tahun yah, kirain pas awal tahun sebagai harapan.

    Btw, yen menguat terhadap dolar? Bukan sebaliknya ya kak? Yang sampai jepang mengumumkan bahwa mereka mengalami krisis. Atau aku salah nangkep berita kali ya.

  3. begini aisha, kalau seandainya rupiah menguat terhadap dollar, itu keuntungan buat Indonesia, kenapa karena barang2 yang di Impor bisa dibeli lebih murah, tapi berbeda dengan Jepang, ketika nilai Dollar makin jatuh terhdap Yen, maka barang2 Jepang di pasaran itu menjadi lebih mahal daripada biasanya.

    makanya perusahaan besar seperti Toyota, Sony sampai kena imbasnya..
    saya lupa ngeliat berita hari ini, kalau kemaren aja 1 dollar itu cuma 88 yen, padahal kalau normalnya 1 dollar 100 yen-an..

  4. saya sempet kira: kanji tahun ini: 変 →  “aneh” hehehe,

    wah iya nih ya perekonomian Jepang lagi ga stabil, kemaren ngubrul2 ma senpai2 soal peluang buat senpai2 yg meu cari kerja… sepertinya 2 tahun ke depan aga sedikit tai”hen”. Semoga seaneh apapun, seberubah apapun, semoga itu yang terbuat buat kita yah… Ozz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s