kejadian masa kecil yang membuat jalan ke masa depan


assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari ini ada cerita tentang seorang dokter Hewan, yang akrab dipanggil Baba san, beliau terlahir di Fukuoka di tahun 1948, ternyata alasan beliau untuk menjadi dokter hewan adalah kejadian yang beliau alami di waktu kecil, suatu hari ia dipesankan untuk menemani seekor domba mencari makan. Saat itu sedang musim panas, Baba san ternyata tergiur oleh ajakan teman-temannya untuk bermain air di sungai, akhirnya ia ikatkan domba itu di sebuah batang pohon, dan ia tinggalkan domba itu. Sedangkan dia bermain air bersama dengan teman-temannya di sungai, tak terasa hari telah sore, dan tiba-tiba ia teringat dengan domba yang ditinggalkannya itu. Ternyata domba tersebut telah terkapar di tanah, tak bernyawa. Si kecil Baba san, tak sanggup berkata apa-apa, yang keluar hanya tangisan. Tapi di dalam hati kecilnya, dia tak akan pernah lagi membiarkan hewan-hewan kehilangan nyawanya hanya karena kelalaian manusia.

Setelah lulus dari SMA, kemudian dia belajar tentang ilmu kedokteran hewan. Sejak saat itu, dia bertekad bulat untuk mencurahkan hidupnya menolong hewan-hewan yang malang, kemudian bersama istrinya dia membuka klinik hewan, kemudian suatu hari, datanglah anak-anak yang membawa seekor burung yang yang perlu pertolongan, kemudian dia berusaha keras untuk menyembuhkan burung itu, tapi ternyata sudah terlambat. Kejadian itu, makin membuat dirinya untuk menolong hewan-hewan, jangan sampai ada lagi ada yang karena terlambat diberikan pertolongan harus kehilangan nyawanya.

Di tahun 1991, perang yang meletus di jazirah arab membuat perhatiannya tertoleh kesana, akibat perang, begitu banyak lautan yang tercemar dan menelan banyak korban, dengan perang sendiri memakan korban manusia, ditambah lagi pencemaran memakan korban hewan juga. Tapi, ia tak punya izin untuk bisa pergi kesana, ia berpikir keras, dan ia dengar berita adanya kapal tanker yang mengalami kecelakaan di australia dan mengakibatkan lautan tercemar, akhirnya karena kemudahan untuk pergi ke australia ia, memutuskan untuk melakukan volunteer ke australia sana.

Sekembalinya dari australia, ia mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan volunteer menanggulangi akibat dari perang Teluk, bersama dengan dua orang asisten yang ia latih sendiri, ia berangkat kesana, membersihkan banyak unggas laut yang tubuhnya tertutup oleh minyak yang telah menghitamkan lautan arab. 1305 ekor unggas yang ia bersihkan dengan tangan, dan lebih dari 500 ekor yang akhirnya setelah mendapatkan rehabilitasi, berhasil dilepaskan kembali ke habitatnya.

Dan saat ini pun selain melanjutkan klinik yang dibukanya dulu, ia membuka tempat rehabilitasi bagi hewan-hewan liar yang mengalami penyakit, atau kecelakaan diakibatkan manusia. dan yang lebih membuat saya salut adalah, kliniknya yang buka 24 jam, dan setahun penuh tanpa libur. Dan ia masih menyempatkan diri berkeliling di daerah sungai tama, di sekitar rumahnya, untuk memeriksa apakah ada barang-barang yang bisa membahayakan hewan liar yang berhabitat dsana, kemudian jika ada hewan liar yang terkena penyakit dan lainnya ia membawanya ke kliniknya dan tempat rehabilitasinya.

Satu figur yang benar-benar mencurahkan segalanya untuk cita-citanya.

wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

7 responses to “kejadian masa kecil yang membuat jalan ke masa depan

  1. Hasil dari tv lagi ya bang?hhe,,

    Lahir tahun 48 berarti sekarang 60, n masih praktek gitu?
    Jangankan perang, kegiatan pariwisata aja ga sedikit yang ngerusak alam

  2. yup, lagi2 dari TV.
    kalau orang 60 thn dsini kita bilang dah tua, bisa tersinggung..he..he..

  3. Oh gitu ya bang? Perbedaan budaya toh, disini kan usia segitu udah dipensiunkan, udah punya banyak cucu [mungkin] tapi emang harusnya usia bukan halangan c. Thanks2 informnya

  4. alhamdulillah baik2 guh..lagi siap2 buat JLPT level 1 nih doain ya..tanggal 7 desember tesnya

  5. subhanallah baba san,, wish your story inspiring my self..and another people..
    ternyata masa kanak-kanak bisa menggerakkan spirit untuk maju kedepan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s