Perjuangan…


Assalammulaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kalau orang-orang yang tinggal di negeri empat musim ditanya, Musim apa yang paling anda suka, sebagian besar mungkin akan menjawab musim semi. Banyak hal yang membuat saya berpikir seperti itu, pertama musim semi adalah perubahan antara musim dingin menuju musim panas, dari hari-hari yang dinginnya begitu mencekam berubah menjadi hari-hari yang begitu hangat. Ditambah lagi, musim semi menjadi perlambang awalnya bermula kehidupan, ketika pohon-pohon yang menggugurkan habis daunnya pada musim dingin, mulai kembali menumbuhkan daun-daunnya. Dan, banyak sekali bunga-bunga yang bermekaran di musim ini, termasuk bunga Sakura, yang menjadi simbol negeri Jepang ini. Saya sendiri pun termasuk orang yang selalu menanti datangnya musim semi.

Namun, belum lama ini saya berjalan dari stasiun menuju rumah, melewati barisan pohon-pohon sakura yang sudah mulai mengugurkan daun-daunnya. Maklum dari hari ke hari suhu makin turun, dan hari ini suhu tertinggi tak menembus 20 derajat. Musim dingin sudah semakin dekat. Ada sedikit pikiran lain yang terbersit di kepala saya. Ternyata kalau kita berpikir lebih dalam ternyata musim dingin juga lambang dari kehidupan, tepatnya musim dingin adalah lambang dari perjuangan hidup.

Saya bukanlah orang yang sangat paham dengan Biologi, jadi saya tak begitu mengerti bagaimana proses yang dialami oleh berbagai makhluk hidup menjelang musim dingin ini. Namun yang saya lihat adalah, menghadapi musim yang sangat kibishii ini. Tapi dari pandangan mata saya yang awam, semua makhluk hidup berjuang keras untuk mengahadapi tekanan udara dingin ini. Semua makhluk hidup berupaya keras mempertahankan hidupnya. Sebagai contoh, daun merupakan bagian yang sangat berarti bagi tumbuhan, tapi menjelang musim dingin ini, hampir sebagian besar tumbuhan merontokkan daun mereka(walaupun tak semua tumbuhan menggugurkan daunnya).

Ketika saya melihat pemandangan itu, tumbuhan pun mengorbankan sesuatu untuk mempertahankan kehidupannya, sesuatu yang amat penting baginya. Yappari, untuk berjuang menghadapi kehidupan, terkadang kita harus mengorbankan sesuatu yang sangat berarti bagi kita. Dan yang namanya kehidupan pasti ada cobaan, pasti ada perjuangan. Dan orang-orang yang berhak menikmati damai dan keindahan musim semi adalah mereka yang telah berjuang dan bertahan melewati musim dingin. Keindahan yang kita lihat di musim semi merupakan hasil perjuangan mereka di musim dingin. Yakinlah perjuangan akan selalu menghasilkan sesuatu yang indah.

Wassalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Advertisements

7 responses to “Perjuangan…

  1. perjuangan untuk hidup serta hidup untuk perjuangan kelak.

  2. haruskah mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu?

  3. dipandang sebagai sebuah keharusan sih tidak, tapi kita harus bisa menerima kalau untuk mendapatkan sesuatu terkadang kita harus mengorbankan sesuatu…

  4. subhanallah,,, semua yang ada disekeliling kita selalu bisa dijadikan hikmah jika kita mau berfikir..

  5. subhanallah..
    kapan yah aku bisa melihat sakura di jepang..

  6. fukaku kangaeteta ne.. d^ ^b (2 thumbs up-red-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s