Semua berhak punya mimpi


assalammualaikum,wr,wb

Manusia tak pernah bisa memilih dimana dia dilahirkan, dalam keluarga seperti apa dia dibesarkan, kebangsaan manakah dia.. Sehingga tak perlu ada penyesalan terhadapa hal-hal yang memang tak pernah bisa kita pilih, karena sesungguhnya dimana hidup kita dimulai, allah telah memberikan tempat yang paling cocok buat diri kita. Siapakah orang tua kita, dimakah ia bekerja, pekerjaan apakah yang ia lakukan.. tak boleh membuat kita sedikit pun sombong ataupun merasa minder..

Baru-baru ini saya menyelesaikan salah satu novel yang sudah cukup lama ingin saya baca, Laskar Pelangi, sedikit banyak menambah api semangat dalam dada saya.. Cerita perjuangan anak-anak kampung,ya,,saya pun mungkin sedikit lebih beruntung dari mereka, tapi saya juga bagian dari mereka,anak kampung,,,yang dulu seneng main layangan..main bola tanpa sepatu.. yang senang mandi hujan…wah…ingin rasanya kembali sebentar ke masa-masa itu..

MAsih teringat ketika hari pertama masuk SMP…hari itu kebetulan dipanggil ke panggung pembina upacara, dan ditanya kalau sudah besar cita2nya mau jadi apa?
dengan lantang saya menjawab “Insinyur Pertanian”… Trus ditanya kenapa? Ya, alasannya gamapang,,Indonesia punya lahan yang begitu luas, sumber daya alam yang sangat banyak, jadi saya mau jadi bagian dari orang-orang yang bisa memanfaatkan itu… Salah satu alasan lain adalah,,saat itu universitas yang saya tahu cuma Institute Pertanian Bogor,,, entah kenapa sejak lulus SD, saya harus masuk IPB..dalam hati saya berjanji… Tapi ternyata luntur juga keinginan saya itu,, sejak SMP saya mulai mengenal UI dari alumni-alumni yang sering datang mengisi pengajian di sekolah saya..

Saat itu,,,walau ada sedikit perasaan takut untuk bercita-cita bisa masuk UI..saya mencoba mulai memasukkan nama universitas yang ada di kota dimana saya dibesarkan itu,Depok..
sempat berpikir terlalu muluk-muluk sekali ketika saya,anak kampung yang saat itu sekolah dengan sepeda atau jalan kaki,bercita-cita untuk bisa masuk UI, yang saya tahu tidak sedikit artis yang kuliah disana, macam Dian Sastro atau Nicholas Saputra.. Tapi apa salahnya saya bermimpi,,

Ketika bermimpi sesungguhnya kita sedang bergantung di sebuah dahan… Mencoba berpegang,,walau terkadang merasa akan jatuh.. Kita sedang diuji sejauh mana kita bertahan,,sekuat apa kita bertahan,,, apakah kita termasuk orang-orang yang berjatuhan,,
atau kita menjadi orang-orang yang sekuat tenaga meraih terus dahan itu, sambil mencari pijakan lagi agar suatu hari nanti kita bisa benar2 merasa posisi aman pada dahan itu..

Bermimpi adalah hak setiap orang…dimanapun dia,,bagaimanapun latar belakang kehidupannya,, masa depan adalah milik kita semua,, selama nafas kita belum berada di tenggorokan kita,,marilah kita raih dahan mimpi kita itu dan berpeganganlah yang kuta, carilah pijakan agar kita berdiri tegak di dahan itu,,,melihat ke sekeliling kita,,,dan membantu mereka untuk bisa naik ke dahan-dahan mereka..

wassalammualaikum,wr,wb

*anak kampung yang gak pernah bilang kalo pernah mimpi pengen sekolah ke luar negeri,,,

Advertisements

8 responses to “Semua berhak punya mimpi

  1. Bermimpilah selagi mimpi itu gratis..

    Aku dulu wkt milih UI selalu yakin aku bakal masuk. Ga mau nengok kiri kanan lagi pokoknya harus UI. Eh…Trnyata beneran masuk lho…Jd bner, jgn takut utk bermimpi..

  2. setuju..
    tapi setelah satu setengah tahun di UI,,saya harus meninggalkannya..
    tapi insyaallah ini yang terbaik..

    yosh ganbaru..

  3. Insya Allah..
    Allah selalu punya rencana terbaik untuk kita…

  4. yups…semua yang telah ditemukan awalnya dari mimpi..
    pesawat karena manusia ingin terbang….

    gapai terus mimpinya mas…

  5. mimpi boleeh tapi jangan keterusan,, ntar kalo kebablasan gimana??
    XD..

    di jepang ada laskar pelangi bang?? apa bwa dari indoneisa??

  6. yup..
    mimpi..tapi jangan sampai terbuai,,,
    harus tetep berjuang demi menggapai mimpi itu..

    laskar pelangi nitip sama temen yang baru pulang dari Indonesia

  7. ketika kita ga brani mimpi, berarti kita jg ga brani utk melangkah & brjuang utk meraih mimpi itu. kita diciptakan oleh Sang Khalik utk slalu bermimpi, shg kita akan brani utk melangkah & memperjuangkan mimpi itu. dgn mimpi kita akan memandang khidupan ini slalu kedepan, krn khidupan ini slalu brjalan kdepan bukan berjalan mundur……..ganbatte!!!

  8. Mengutip Paulo Coelho dalam Alkemis, ketika kita memiliki sebuah keyakinan dan ingin menggapainya, maka segenap energi alam semesta akan membantumu. dan itu yang saya yakini!!

    http://beasiswaindonesia.blogspot.com/2008/06/m-solihin-fikri-segenap-energi-alam.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s