Monthly Archives: September 2007

alhamdulillah… datang tantangan baru

assalammualaikum,wr,wb

setelah dibagikan hasil ujian kami, alhamdulillah mendapatkan hasil lumayan, dan keenam orang anak monbu insyaallah akan dipindahkan ke kelas 4,5,6….

diantara rasa senang dan khawatir, mengapa? karena buku intermediet 1 yang berisi 8 bab, baru dibahas di kelas hingga bab 3, dan mulai hari kamis depan kami di kelas 4,5,6 akan langsung masuk ke buku intermeidet 2, dekiru kana…
kekahawatiran diantara banyaknya kanji yg masih belum dihafal, banyak vocab yang masih belum diingat…

tapi bagaimanapun juga ini adalah challenge, ini adalah tantangan, yang harus kuhadapi…
tantangan adalah bagian penting untuk meng-encourage bagian-bagian yang tersembunyi di dalam jiwa dan tubuh kita….

Ya Allah, aku yakin Engkau tak akan memberikan cobaan, tantangan yang tak bisa dihadapi oleh hamba-Mu, jadi mudahkanlah kami tuk menaklukan tantangan-tantangan yang datang ke dalam kehidupan kami, biarkanlah kami menjadi lebih dewasa karenanya, dan antarkanlah kami kepada pemahaman akan makna kehidupan yang hakiki…

teman2 doakan saya…

yosh..ganbarimasu…kelas baru, bentar lagi ada speech contest nih, mudah2an bisa lancar…

Advertisements

pindah blog

assalammualaikum,wr,wb

sepertinya saya tdk akan melanjutkan blog ini lagi, dan akan ngeblog di

syafrilbandara.multiply.com

terima kasih yang udah baca,ngasih comment….

baca,dan comment blog saya juga ya di multiply…

wassalammualaikum,wr,wb

akhirnya gak sahur sendiri

assalammualaikum,wr,wb
setelah menanti panjang selama 9 hari, akhirnya hari ini saya gak sahur sendiri….

setelah melewati tes evaluasi dari hari selasa hingga jumat ini, alhamdulillah bisa dikatakan cukup lancar, walaupun masih ada beberapa kesalahan,,,
tinggal tunggu hasinya nih pekan depan…
mhn doanya, kalau memuaskan, bisa lompat kelas lagi….

hari kamis malam kuputuskan untuk mengisi gaihaku todoke, bermalam di komaba sampai hari senin…

jadi selepas buka puasa hari jumat lalu, kukayuh sepedaku menuju komaba, kemudian shalat isya, dan taraweh jamaah…

dan malam ini kami ber-14 sahur bareng…..

senangnya….

emang bener sesuatu itu berasa pentingnya kalo udah gak ada….

sekarang, menjalani kehidupan di negeri rantau, meninggalkan semua yg ada di negeri asal, keluarga, teman, aktivitas,dll….

perlahan mulai rindu dengan semua itu,,,,
kemajuan teknologi tetap tidak bisa mengobatinya…

cuma mau bilang,,,
yang sekarang masih tinggal dengan keluarganya, nikmatilah… bagaimanapun keadaan keluarga kita, terimalah, apalagi kedua orang tua kita, bagaimanapun sikap mereka di depan kita, mereka itu care sekali dengan kita…yakin deh…

yang sekarang juga masih dikelilingi sama sahabat, teman, berbahagialah, dan jadikanlah semua itu jadi bagian dari tinta perjalanan kehidupan kita, dan ingatlah mereka, sahabat kita juga manusia, yang bisa salah, yang juga punya perasaan, yang juga tak beda seperti kita, terimalah mereka, jadikan kekurangan dan kelebihan diantara kita saling melengkapi…
insyaallah betapa indah hidup ini akan terukir…

Ya Allah, kalau Engkau memang sedang mencoba aku dengan kesendirian, biarkan itu bisa semakin mendekatkan hamba-Mu yang hina ini pada Engkau…
Amin…

tak terasa sudah hampir 6 bulan

sudah hampir 6 bulan menjalani kehidupan sebagai seorang ryugakusei…
masih panjang perjalanan,,,
ya Allah mudahkanlah,,,
hingga hari itu tiba,,,,
ganbarimasu
(masih tes, posting foto aja deh)

sahur sendiri,,,, siapa takut…

assalammualaikum,wr,wb

alhamdulillah, akhirnya masuk juga ke bulan yang dinanti2….
hari ini  setelah tarawih, kuputuskan untuk tidur lebih cepat dari biasanya…
karena aku mau mencari berkah sahur juga…
akhirnya Allah membangunkan aku dengan bunyi alarm, dan telepon dari  temen….

sendiri memang,,,, tak ada alunan tilawah yang bersahut-sahutan,,,,tak ada bangumi ramadhan…

tapi siapa takut…
kunyalakan komputerku… kuputarkan mp.3 tilawah Al-Qur`an, paling tidak bisa menambah suasana Ramadhan di hatiku, dan di kamarku…

YA Allah kuatkan hamba-Mu ini menjalani kehidupan di belantara dunia…

Yosh… Ramadhan ganbarimashou…

wassalammualaikum,wr,wb

mencoba memahami…

assalammualaikum,wr,wb

manusia memang merupakan ciptaan Allah yang luar biasa…
tidak pernah bisa penuh ditebak gerak geriknya, apalgi apa yang ada di dalam jiwa dan pikirannya..
memang terkadang membingungkan, tapi itulah seni dari kehidupan…pemahaman…
sering kali diriku bingung, dalam mengahadapi yang namanya manusia…
kadang sulit membedakan antara kata-kata berikut ini…
tidak mencampuri urusan orang lain,,,,nggak peduli,,,egois…
peduli….perhatian…terlalu sering ikut campur urusan orang…
ketika sesorang mencoba untuk tak banyak mencampuri urusan orang lain,,,entah kenapa yang terdengar adalah tidak peduli,,,,bahkan sampai egois…
lain lagi dengan orang yang peduli atau care, gak sering yang tertuding berisik,,,terlalu mencampuri urusan orang lain…
belum lagi berbagai rasa yang membingkai manusia, bahagia, sedih, kesal, kecewa,,,dan berjuta lainnya…
tapi mungkin senyum bisa menjadi obat walau kadang dipaksakan…

coba dipikir dan dipikir, sungguh luar biasa penciptaan manusia, yang sampai kapanpun, tak akan pernah tergantikan oleh robot secanggih apapun…

satu-satunya cara untuk memahaminya adalah dengan banyak berinteraksi denganya, banyak berinteraksi dengan berjuta karakter, berjuta kepala, dan jiwa, melatih diri mengetahui posisi, mengetahui dimana harus menempatkan diri..ya..mungkin itulah latihan terbaik untuk bisa menyadari kalau kita hidup ditengah-tengah manusia, makhluk dengan berjuta di dalamnya berbagai hal bersatu padu membentuk karakter, membentuk cara pandang,,,

tak akan pernah hidup menjauhi manusia menjadi solusi bagi sulitnya memahami manusia..
karena manusia tidak diciptakan untuk hidup sendiri…

wassalammualaikum,wr,wb

saat…saat…mendaki kembali

assalammualaikum,wr,wb

setelah liburan musim panas yang “kayaknya panjang”,kini saatnya kembali ke sekolah dan benkyou..benkyou… mulai minggu ini memang masuk ke 中級(intermediet), insyaallah akan ada evaluasi 初級(basic) tanggal 18-21 september (mohon doanya)… insyaallah kalo nilainya bagus lagi bisa lompat kelas lagi nih…(ganbarimasu), and masuk ke 中級 buku yang kedua… sekaligus buat persiapan 日本語能力試験yang akan diadakan bulan desember tanggal 2 nanti, insyaallah ambil level 2….

kalau ada yang nanya, bhs jepang susah gak? mmh…namanya belajar pasti ada tantangannya masing-masing,,,mungkin diawal-awala paling masalah dengan kanji memang, karena masih sedikit kanji yang dihafal, trus cara bacanyapun banyak satu kanji biasanya punya 2,3 cara baca belum kalo yang spesial lagi… setelah mungkin menembus angka 500.600 buah sepertinya mulai lebih mudah membaca, walaupun masih sangat banyak lagi yang perlu dihapalkan,,,,1945 kanji… tapi sekarang datang tantangan baru, atarashii kotoba… kata-kata baru yang makin banyak banget,,,harus cari cara lagi biar cepet hafal… mungkin dengan sering digunakan,,,,mungkin kalau berbicara tinggal menyesuaikan logatnya agar mirip sama orang jepang…

inilah saat-saat mendaki kembali,,,,melanjutkan perjalanan ke tempat yang lebih tinggi….
berat memang…tapi harus dilakukan…karena pilihan hanyalah menjadi lebih baik dan mengejar atau tertinggal,,,,mendaki atau terperosok…dan tak lupa meminta dimudahkan jalan kepada Nya….